Selasa, 08 Juli 2014

Kumpulan Puisi Guru Karya Chairil Anwar

Kumpulan Puisi Guru Karya Chairil Anwar

Chairil Anwar adalah seorang legenda dalam dunia sastra. Karya beliau sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Benar-benar bagus puisinya.

Kebetulan, saya punya kenalan. Namanya sama dengan sang legenda tersebut. Yaitu, Chairil Anwar Simanjuntak. Beliau juga jago membuat puisi. Di bawah ini adalah kumpulan puisi guru karya Chairil Anwar Simanjuntak.

Guruku A+


Mataku terperosok ke depan
Ketika  kamu memasuki kelas
Kamu seorang guru yang lucu
Kamu seorang guru yang keren

Kamu pintar, imut dan ramah
Kamu menolong kami semua
Dan jika aku harus menilaimu
Bagiku, kamu A+!

Guruku Nomor Satu

 
Dengan namamu yang pengasih dan penyayang.
Aku bahagia karena kamu adalah guruku
Aku menikmati setiap pelajaran yang kamu ajarkan
Sebagai seorang teladan, kamu menginspirasiku
Untuk bermimpi, untuk bekerja dan untuk menggapai

Dengan kebaikanmu, aku memperhatikanmu
Tiap hari kamu menanamkan benih-benih
Dengan motivasi dan pengalaman hidupmu
Agar kutahu, agar kutumbuh dan agar kusukses

Kamu menolongku mengembangkan potensiku
Aku berterima kasih untuk semua jasa-jasamu
Aku mendoakanmu tiap hari, dan aku ingin berkata
Sebagai seorang guru, kamu nomor satu!

Terima kasih, guru


Terima kasih, guru
Untuk teladan yang telah kau berikan
Aku selalu mempertimbangkan semua yang kau ajarkan
Dan merefleksikan itu semua pada karakter dan pribadiku

Aku mau menjadi sepertimu
Pintar, menarik, dan gemesin,
Positif, percaya diri, protektif

Aku mau menjadi sepertimu
Berpengetahuan, pemahaman yang dalam
Berpikir dengan hati dan juga kepala
Memberikan kami yang terbaik
Dengan sensitif dan penuh perhatian

Aku mau menjadi sepertimu
Memberikan waktumu, energi dan bakat
Untuk meyakinkan masa depan yang cerah
Pada kita semua.

Terima kasih, guru
Yang telah membimbing kami
Aku mau menjadi sepertimu

Bintang


Aku mencintai kelasmu
Kamu membantuku 'tuk melihat

Bahwa untuk hidup bahagia
Belajar adalah kuncinya

Kamu memahami muridmu
Kamu perhatian dan pandai

Kamu guru terbaik yang pernah ada
Aku tahu itu dari awal kita bertemu

Aku memperhatikan kata-katamu
Kata-kata dari seorang guru sejati
Kamu lebih dari teladan terbaik
Sebagai guru, kamu adalah bintang

Didikan Keras


Ketika aku memasuki kelasmu, aku berpikir
Tantangan apa yang akan kau berikan padaku

Kamu memberiku motivasi untuk melewatinya
Dan menolak kelemahan yang meragukan diri

Kamu sungguh telah membuka pikiranku
Dengan kebijakan, keras dan ketegasan

Kamu membantuku untuk melihat atas
Menemukan tujuan yang harus kucapai

Kamu mengeluarkanku dari kegalauan
Terima kasihku atas jerih payahmu

Apa yang kau ajarkan akan menumbuhkanku
Perhatianmu sangat menyentuh hati dan pikiranku

Aku akan selalu mengingat jeweranmu
Aku berharap semua guru sepertimu

Guru Terbaik


Para guru membuka pikiran para murid
Menunjukkan mereka keajaiban intelektual
Dan membantu mereka menggunakannya

Para guru melatih otot mental para murid
Melenturkan dan menguatkannya di lapangan
Agar mereka dapat mengambil keputusan bijak

Menemukan tujuan mereka di dunia
Dan menjadi orang merdeka
Dalam finansial dan rohani

Guru terbaik mempunyai cukup perhatian
Untuk mendorong dan menggugah para murid
Memaksa mereka mengeluarkan yang terbaik
Untuk memaksimalkan potensi mereka

Terima kasih, guru.

Beberapa Guru


Apa yang kita pelajari
Adalah suatu alat untuk melihat dunia

Apa yang kita pelajari
Menentukan bagaimana kehidupan kita di lingkungan

Beberapa guru mengajarkan kita hal-hal yang benar
Dengan pendekatan yang mudah untuk dipahami

Beberapa guru menciptakan suasana bahagia
Untuk menikmati semua pelajaran yang kita kerjakan

Beberapa guru menjadikan kita pemimpin
Agar bisa mandiri, bahagia dan sukses

Para guru sangat penting untuk kita
Kita akan selalu mengingat mereka

Kamu adalah salah satu guruku
Terima kasih atas semua ilmumu
Aku sungguh menghargaimu

Chairil Anwar Simanjuntak mengucapkan terima kasih banyak atas perhatiannya. Kalau anda suka dengan puisi ini, jangan lupa disebarkan ke facebook atau twitter atau yang lainnya. Namun, dipasangkan link ya menuju blog ini. Agar pengunjungnya banyak dan membludak.

Dan kalau anda tertarik menerbitkan puisi ini, Chairil Anwar akan bahagia sekali. Sekian. Salam sukses untuk semuanya.
Share This

3 komentar:

  1. Izin bacain puisi bintang ya ka, buat guru saya :) jika di izinkan

    BalasHapus
  2. Apa benar ada orang yang namanya CHAIRIL ANWAR SIMANJUNTAK ini ataukah dibuat-buat saja? Sebab, di buku-buku penyair CHAIRIL ANWAR yang asli(1922-1949)tidak pernah disebutkan semua puisi yang dikutip di sini. Maaf, ini demi kebenaran agar orang (pembaca) tidak tertipu.

    BalasHapus